Tuesday 6 September 2011

LELAKI MUDAH HILANG AKAL ... ????


Perhatian lelaki begitu mudah tersedot saat melihat sosok wanita cantik dan menarik. Tak sekadar terpesona, lelaki bahkan boleh kehilangan konsentrasi saat berhadapan dengan sosok yang menarik perhatiannya.
Penelitian Radboud University, Belanda, menunjukkan, lelaki yang menghabiskan beberapa minit bersama wanita menarik di sebuah pejabat, akan tampil kurang baik dalam test yang dirancang untuk mengukur fungsi otaknya, dibandingkan yang hanya bertemu wanita biasa-biasa saja.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Experimental and Social Psychology, itu menyebut bahawa keadaan tersebut tak berlaku pada wanita.  Otak wanita tak terpengaruh ketika bersembang dengan lelaki tampan.

Salah satu psikologis yang terlibat dalam penelitian mengatakan, lelaki begitu mudah terkesan pada seorang wanita menarik yang belum pernah ditemui. Dalam pengaruh pesona wanita, lelaki bahkan boleh lupa alamat tinggalnya sendiri.

Team peneliti melibatkan 40 pelajar lelaki heteroseksual untuk membuktikan efek tersebut. Mereka melakukan uji memori standard dengan meminta partisipan bersembang bersama sejumlah wanita selama tujuh menit.

Selanjutnya, partisipan diminta mengerjakan serangkaian lembar uji yang disiapkan. Hasilnya, kerja lebih lambat setelah menghadapi tatapan wanita. Semakin banyak wanita yang mereka taksir, semakin buruk nilai yang didapat.

Namun, saat test serupa dilakukan pada partisipan wanita yang dipertemukan dengan lelaki tampan, tak ada perubahan hasil. "Kami menyimpulkan fungsi kognitif lelaki menurun setelah interaksi dengan wanita menarik."

Dr George Fieldman, anggota British Psychological Society, mengatakan temuan mencerminkan fakta bahwa lelaki diprogram untuk memikirkan cara-cara mewariskan gen mereka. "Ketika lelaki bertemu wanita cantik, fikirannya fokus pada hal yang berhubungan dengan reproduksi."

No comments:

Post a Comment